Cara Orang Awam Belajar Dasar Akuntansi (Bagian 10)

Haloo, semua fans.. (hahahaha ke-GR-an banget)

Berjumpa lagi di belajar akuntansi dasar. Kali ini, update-nya gak terlalu lama kan? Hehehe..
Yuk lah kita lanjutin..

======================

Serial โ€œCara Orang Awam Belajar Dasar Akuntasiโ€ ini terdiri dari beberapa bagian yang membahas:

  1. Persiapan
  2. Jurnal Umum
  3. Buku Besar
  4. Neraca Saldo
  5. Jurnal Penyesuaian
  6. Update Buku Besar
  7. Laporan Laba Rugi
  8. Laporan Perubahan Modal
  9. Jurnal Penutup
  10. Update Buku Besar (lagi)
  11. Neraca

======================

.

Oya. Sebelum lanjut, pastiin kalian udah baca artikel-artikel sebelumnya. Kenapa? Karena ini artikel serial! Jika kalian belum baca artikel sebelumnya, gw jamin kalian akan pusing tujuh puluh keliling!

.

Dan sebelum lanjut, kita review dulu apa aja yang udah kita pelajari.

Bagian 1: Kita belajar pendahuluan. Mulai dari rumus akuntansi sampai kenal apa itu account (Perkiraan).

Bagian 2: Kita belajar cara bikin Jurnal Umum dari sebuah oret-oretan (catatan) dagang CV. SENYUM.

Bagian 3: Kita udah belajar cara mindahin Isi Jurnal, ke Buku Besar.

Bagian 4: Kita coba buat Neraca Saldo dari Buku Besar.

Bagian 5: Kita membuat Jurnal Penyesuaian.

Bagian 6: Kita sudah mem-posting Jurnal Penyesuaian ke dalam Buku Besar.

Bagian 7: Kita sudah belajar membuat laporan laba rugi. Dari sana kita bisa tahu apakah usaha kita untung atau rugi!

Bagian 8: Kita sudah membuat Laporan Perubahan Modal. Di laporan tersebut kita bisa melihat besar modal setelah ditambah dengan Laba.

Bagian 9: Kita sudah buat Jurnal Penutup. Jurnal ini harus dibuat agar kita bisa tutup buku di akhir tahun keuangan.

.

Kalau sudah siap, kita akan lanjut ke tahap berikutnya. Kalau sebelumnya kita sudah buat Jurnal Penutup, maka langkah berikutnya adalah Update Buku Besar (lagi).

Lagi?

Iya, lagi.. Pokoknya, setiap kita sudah melakukan perubahan pada jurnal, maka ketika akan membuat laporan maka pastikan selalu update buku besar dulu.

Dan kali ini, kita harus update buku besar karena kita telah membuat Jurnal Penutup.

Kenapa sih kita harus update buku besar terus?

Sebab, ketika kita buat jurnal, apapun jenis jurnalnya, pasti kita membuat transaksi yang menambahkan atau mengurangkan isi dari Account. Sedangkan Buku Besar adalah kompilasi Transaksi per Account.

Jadi, mau gak mau, setiap kita membuat jurnal, pasti akan ada perubahan pada Account. Yang artinya, kita harus meng-Update Buku Besar.

Ah, bingung..

Hmm.. Berarti sudah lupa artikel ke-3. Baca lagi sana.. hee..

Pokoknya, gak usah bingung dengan istilah-istilah Akuntansi. Gw rangkumin lagi ya..

Jurnal : Itu hanya catatan transaksi keuangan. Semua transaksi masuk sini. Semua account campur jadi satu sesuai jenis transaksi.

Buku Besar : Itu hanya mengumpulkan transaksi-transaksi pada Jurnal yang tercampur-campur gak jelas, dan disusun berdasarkan account. Dengan begitu, kita akan mudah mengetahui nilai saldo terakhir dari tiap account.

Lanjut ya..

Oke..

Karena sebelumnya kita buat Jurnal Penutup, maka kita harus update Buku Besar terutama account-account yang terlibat di Jurnal Penutup. Apaan aja? Nih..

400 Pendapatan
500 Biaya Perbaikan TV
510 Biaya Sewa
520 Biaya Penyusutan Peralatan
530 Biaya Bunga
300 Modal
301 Prive

Oke..

Jangan cuma oke-oke aja.. Coba buka lagi artikel ke-9. Cek lagi. Bener nggak account-account di atas ada di Jurnal Penutup!

Hehehe.. Loh, kok account Iktisar Laba Rugi gak masuk?

Nah.. Itu baru namanya nyimak.. Pinteer.. heee

Hmm.. Kalau mau dimasukkan juga gak apa apa. Tapi gw males hahaha. Karena Account Iktisar Laba Rugi dah pasti NOL. Kan dah dikosongin langsung di Jurnal Penutup. Karena Account itu cuma sementara banget hahaha..

Lanjut ya..

Sekarang, coba baca lagi artikel ke-3 dan ke-6 bagaimana cara update Buku Besar karena gw gak akan bahas detailnya di sini. Gw akan langsung kasih hasilnya seperti berikut:

update-buku-besar-lagi_1

update-buku-besar-lagi_2

.

Bagaimana dengan account yang lain?

Masih sama seperti berikut. Nih..

update-buku-besar-lagi_3

update-buku-besar-lagi_4

update-buku-besar-lagi_5

Selesai sudah update Buku Besar untuk yang terakhir kali nya. Dan artinya, hutang gw tinggal 1 artikel lagi ha ha ha ha ha ha ha..

๐Ÿ˜€

9 Responses to “Cara Orang Awam Belajar Dasar Akuntansi (Bagian 10)”


  1. 1 Gandi Simanjuntak November 14, 2016 at 8:32 am

    Sangat bagus dan mudah difahami,untuk Neraca no 11 kapan di posting mas, di tunggu loch….

  2. 2 bowoerp November 14, 2016 at 9:11 am

    bagus banget Pak, yang neracanya ditunggu Pak, terima kasih banyak

  3. 3 felix November 15, 2016 at 4:15 pm

    halo, saya mau tanya untuk biaya sewa pak, bukannya biaya sewa harusnya masih tersisa 2jt untuk periode berikutnya?

    • 4 ngarasan November 16, 2016 at 12:22 am

      Betul, tapi sudah kita pindahkan ke account Asset No 130 – Biaya Sewa Dibayar Di Muka. Dan itu akan kita tampilkan di Neraca awal periode berikutnya dengan Jurnal Pembaik (tapi gak akan kita bahas hehehe).
      Jadi, Account Biaya No 510 – Biaya Sewa bisa kita kosongkan.

  4. 5 Dinia November 20, 2016 at 4:37 pm

    Setelah hutang 1 artikelnya lunas, lanjut ya mas. Akuntansi bisnis usaha dagang dan manufaktur yang lebih mendalam ๐Ÿ˜‰
    Trims banget artikel-artikel bermanfaatnya

  5. 6 prima_mtanto November 28, 2016 at 8:48 am

    lanjutin
    lanjutin
    lanjutin
    lanjutin
    lanjutin dong artilennya. nanggung.๐Ÿ™‚

  6. 7 Rizky Faizal December 1, 2016 at 6:49 am

    Neracanya dong mas pliiisss ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Ingin belajar VBA / Macro Excel mulai dari NOL?

Dapatkan Kitab VBA Excel - Level Satu : edisi 2 Kitab VBA Excel - Level Satu
Rp. 60.000
PRINT BOOK DAPAT DIBELI DI SINI..
DIGITAL BOOK DAPAT DI BELI DI SINI..
LIHAT PREVIEW DI SINI..
Untuk info SMS/Whatsapp ke: 0878 0878 2141

DAPATKAN DISKON 50%

Kitab VBA Excel - Level Satu : edisi 1 Kitab VBA Excel - Level Satu
Rp. 30.000
KONTAK LANGSUNG : 0812 1283 1148

Statistik Blog

  • 594,287 hits

Follow me on Twitter


%d bloggers like this: