belajar Map Basic.. (yang pertama..)

Map Basic

Ok.. Setelah sebulan merenung.., kita lanjutin belajar Map Basic-nya ya..
Btw, udah install program Map Basic kan..? Sebenernya, nulis program-nya ga harus di Map Basic, tapi untuk convert ke .mbx mesti pake Map Basic biar program kita bisa di-running pake Map Info..

Ok, kita anggap semua udah siap lahir batin..

Biar kita satu feel dan satu frequency, kita mulai dengan satu baris program paling dasar dan penting..!

1. Buka program Mab Basic.. (Ato pake NotePad juga boleh..)
2. Bikin halaman baru. Ketik : Note “Hi pren, baru belajar Map Basic neh..!”
3. Kalo elo bikinnya di Map Basic, buka menu “Project”, pilih “Compile Current File”..
Karena program yang loe tulis barusan belum elo save, maka Map Basic bakal minta supaya elo nge-save dulu..
4. Tapi kalo elo bikinnya pake NotePad, WordPad ato yang lainnya, pertama elo mesti save dulu. Ubah extention-nya jadi .mb (mungkin sebelumnya .txt).. Baru abis itu buka pake Map Basic dan lakuin seperti langkah ke-3.
5. Ok… Sekarang, cari file dengan extention .mbx di folder tempat elo nyimpen .mb …

Ayo… udah ketemu blum..???

Udah.?? Sip..!
Sekarang, double klik .mbx-nya.. (Pasti-in elo udah nge-install Map Info ya..)

Jreng..jreng.. Map Info ke-buka trus…
Eh nongol info box :

Hasil Program elo..
Ok.. Loe udah bisa bikin program Map Basic..!!!
Gampang kan…??

Emang sih, ini cuma program simple.. Tapi semua harus ber-awal dari sini..

Sebelum lanjut belajar lagi, coba elo baca-baca dulu tutorial berikut.. OK

Map Basic User Guide

Map Basic Reference

🙂

2 Responses to “belajar Map Basic.. (yang pertama..)”


  1. 1 fariz June 4, 2008 at 9:45 pm

    hmmm, aku juga lagi belajar map basic. btw dapat program compilernya map basic dimana ya? (yang free klo bisa hehhe ^_^ maklum mahasiswa

  2. 2 mister_eggs August 12, 2008 at 11:04 am

    Tutorial bikin SIG dengan VB 6.O ditunggu…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Ingin belajar VBA / Macro Excel mulai dari NOL?

Dapatkan Kitab VBA Excel - Level Satu : edisi 2 Kitab VBA Excel - Level Satu
Rp. 60.000
PRINT BOOK DAPAT DIBELI DI SINI..
DIGITAL BOOK DAPAT DI BELI DI SINI..
LIHAT PREVIEW DI SINI..
Untuk info SMS/Whatsapp ke: 0878 0878 2141

DAPATKAN DISKON 50%

Kitab VBA Excel - Level Satu : edisi 1 Kitab VBA Excel - Level Satu
Rp. 30.000
KONTAK LANGSUNG : 0812 1283 1148

Statistik Blog

  • 594,287 hits

Follow me on Twitter


%d bloggers like this: