Cara Orang Awam Belajar Dasar Akuntansi (Bagian 5)

Yoo.. ketemu lagi..

Kali ini, gw masih ngebahas akuntansi.. Targetnya sih, sampe bisa bikin laporan keuangan!

.

Nah, karena ini artikel bersambung, buat temen-temen yang mo gabung, gw saranin untuk baca artikel Bagian 1, 2, 3 dan 4. Masalahnya, kalo gak baca bagian-bagian sebelumnya, artikel yang ini jadi gak ada manfaatnya.. So, buat yang baru gabung, mundur dikit yah.. :)

======================

Serial “Cara Orang Awam Belajar Dasar Akuntasi” ini terdiri dari beberapa bagian yang membahas:

  1. Persiapan
  2. Jurnal Umum
  3. Buku Besar
  4. Neraca Saldo
  5. Jurnal Penyesuaian
  6. Update Buku Besar
  7. Laporan Laba Rugi
  8. Jurnal Penutup
  9. Update Buku Besar (lagi)
  10. Laporan Perubahan Modal
  11. Neraca

======================

.

Oke, gw anggap kita semua udah baca artikel-artikel sebelumnya. Nah, coba kita review lagi yah:

Bagian 1: Kita belajar pendahuluan. Mulai dari rumus akuntansi sampai kenal apa itu account (Perkiraan).

Bagian 2: Kita belajar cara bikin Jurnal Umum dari sebuah oret-oretan (catatan) dagang CV. SENYUM.

Bagian 3: Kita udah belajar cara mindahin Isi Jurnal, ke Buku Besar.

Bagian 4: Kita coba buat Neraca Saldo dari Buku Besar.

.

Daaan.. Untuk berikutnya, kita akan belajar tentang JURNAL PENYESUAIAN.

.

Wow.. apa itu Jurnal Penyesuaian. Ada hubungan darah apa ama Jurnal Umum???!

Jurnal Penyesuaian ama Jurnal Umum itu abang adek lah.. hehehe. Tapi bener kok. Jurnal Penyesuaian itu ya sejenis jurnal atau catatan. Jadi, cara nulisnya pun sama dengan Jurnal Umum. Hanya, apa yang ditulislah yang berbeda.

Well, ceritanya begini..

Pada artikel Bagian 4, kita udah buat Neraca Saldo kan? Nah, Neraca Saldo itu adalah neraca saldo periode Januari 2010 – Desember 2010. Dan seharusnya, semua transaksi di periode tersebut, peruntukannya (pemanfaatannya) ya harus untuk periode itu juga.

Maksudnya apa sih??

Maksud gw gini. Kita ambil satu contoh transaksi aja ya.

CV.SENYUM kan pernah sewa tempat buat toko-nya selama 1 tahun (12 bulan). Dan sewa dimulai pada tanggal 1 April 2010 (coba cek Jurnal Umum-nya). Artinya, sewa berakhir 31 Maret 2011.

Masalahnya, periode akuntansinya itu adalah 1 Januari 2010 dan berakhir 31 Desember 2010.

Jadi, diperiode 2010 ini, sewa-nya cuma selama 9 bulan saja yaitu dari bulan April 2010 sampai Desember 2010. Sedangkan sisa 3 bulannya lagi (dari Januari 2011 sampai Maret 2011), seharusnya masuk ke perhitungan periode akuntansi 2011. Dan yang jadi masalah adalah di periode 2010, CV.SENYUM udah bayar full 12 bulan. Kalo begini, perhitungan periode akuntansi 2010-nya jadi rugi dan gak valid karena terbebani pengeluaran 3 bulan sewa untuk periode berikutnya.

Nah, inilah yang dimaksud, transaksi di periode 2010, tapi sebagian peruntukannya untuk periode 2011. Dan hal-hal seperti ini yang mengharuskan kita membuat Jurnal Penyesuaian.

Kita harus memastikan, laporan keuangan kita hanya menghitung transaksi yang dimanfaatkan/digunakan di periode tersebut saja (misal periode 2010).

.

Kapan kita harus buat Jurnal Penyesuaian?

Jurnal Penyesuaian dibutuhin untuk membuat laporan keuangan. Jadi, biasanya, Jurnal ini dibuat saat kita ingin tutup buku. Jadi, setelah semua transaksi selama Januari s/d Desember sudah dicatat dan diposting ke Buku Besar, selanjutnya kita harus membuat Jurnal Penyesuaian agar laporan keuangan kita akurat.

.

Hal-hal apa aja yang harus dibuatkan Jurnal Penyesuaian??!

Ada beberapa hal.

1. Beban yang masih harus dibayar

2. Pendapatan yang belum diterima

3. Penyusutan Aktiva Tetap

4. Beban dibayar di muka

5. Pendapatan diterima di muka

6. Pemakaian Perlengkapan

.

Coba kita bahas satu-satu ya..

1. Beban yang masih harus dibayar

Maksudnya adalah, seharusnya ada pengeluaran di periode sekarang, tapi karena sesuatu (misal perjanjian), maka kita boleh membayarnya sekaligus nanti di periode berikutnya. Nah, jurnal penyesuaian berfungsi mencatat berapa sih tanggungan pengeluaran yang seharusnya dibayar di periode sekarang, tapi belum dibayarkan.

Contoh kasusnya:

Hutang Bunga (Bank). Kita berhutang ke bank dipertengahan periode akuntansi (misal di bulan Juni 2010), dengan bunga 20% setahun. Artinya, pada bulan Mei periode berikutnya (Mei 2011), barulah kita harus bayar bunga sebesar 20% tadi.

Pertanyaanya, berapa bunga yang harus ditanggung oleh periode 2010 (Juni – Desember 2010: 7 bulan) dan berapa yang harus ditanggung oleh periode 2011?

Nah, besarnya tanggungan inilah yang masuk ke Jurnal penyesuaian.

.

2. Pendapatan yang belum diterima

Maksudnya adalah, kita seharusnya menerima pembayaran di periode sekarang. Tapi, karena sesuatu (misal pernjanjian atau dihutang), pembayarannya mundur dan baru akan dibayar nanti di periode berikutnya. Padahal kita harus tutup buku.

Contoh kasus:

Karena pelanggan kita terlambat membayar barang kita, maka pelanggan tersebut harus membayar denda sebesar Rp. 200.000 dan pelanggan menjanjikannya di bulan Februari 2011 (perode sekarang adalah 2010).

Nah, karena ini sesungguhnya adalah transaksi Periode 2010, maka kita harus mencatatnya pada jurnal penyesuaian.

.

3. Penyusutan Aset Tetap

Maksudnya adalah, aset (barang kepemilikan usaha kita) seperti mobil, furnitur, komputer dan sebagainya, lambat laun akan rusak dan harus diganti. Artinya, nilai barang tersebut lambat laun akan turun. Nah, penurunan inilah yang harus dicatat oleh jurnal penyesuaian.

Contoh kasus:

Usaha kita punya mobil operasional yang merupakan aset perusahaan. Awalnya beli dengan harga 100juta. Suatu saat nanti, mobil operasional kita tersebut akan tua dan rusak. Dan kita harus menggantinya dengan yang baru.

Misalkan, kita perkirakan umur mobil itu 20 tahun. Artinya, kita perkirakan dua puluh tahun kemudian, mobil itu rusak sehingga bernilai nol rupiah. Jadi, setiap tahun, mobil tersebut akan berkurang nilai nya sebesar 5 juta.

Nah, disini, jurnal penyesuaian harus mencatat besarnya penyusutan aset sebesar 5 juta.

.

4. Beban dibayar di muka

Masih ingat contoh diawal tadi? Tentang biaya sewa?

Nah, itu adalah contoh untuk Beban dibayar di muka.

.

5. Pendapatan diterima di muka

Maksudnya adalah, kita udah dibayar full, tapi pekerjaan atau barang, kita kirimkan bertahap hingga melampui periode sekarang.

Contoh kasus:

Kita menyewakan alat berat selama 1 tahun (12 bulan) dan telah dibayar full sejak awal. Kontrak sewa dimulai bulan Juni 2010 dan berakhir Mei 2011. Padahal, kita harus tutup buku 31 desember 2010. Artinya, sampai desember 2010 kita baru menyewakan selama 7 bulan. Sisanya ada di periode berikutnya.

Nah, disini kita harus membuat catatan penyesuaian sebesar nilai sewa yang belum terpenuhi.

.

6. Pemakaian Perlengkapan

Maksudnya adalah penggunaan barang yang habis pakai. Kita harus menghitung, berapa barang yang sudah terpakai dan berapa sisa-nya. Dan sisanya itu bernilai berapa rupiah.

Selanjutnya, kita harus catat di jurnal penyesuaian.

.

Oke, oke.. Tapi kalo pake contoh transaksi CV.SENYUM, apa aja yang perlu dibuat jurnal penyesuaian???

Sip..

Yang pasti, sesuai catatan Jurnal Umum CV.SENYUM, ada:

1. Sewa Tempat selama setahun, tapi baru mulai di bulan April 2010.

2. Pinjam Bank dengan bunga 20% selama setahun. Bunga yang harus dibayar mulai Mei 2010.

3. Beli peralatan sebagai aset. Nilai peralatan ini akan menyusut.

4. Belanja persediaan. Dan selama setahun, persediaan masih ada sisa.

Nah, transaksi CV.SENYUM diatas lah yang sepertinya membutuhkan Jurnal Penyesuaian.

.

Trus, gimana bikinnya???

Wadooh.. Manja banget..

Ya udah, kita bahas satu persatu deh. Huh..

.

1. Sewa Tempat selama setahun, tapi baru mulai di bulan April 2010.

Coba dilihat kembali Jurnal Umum CV.SENYUM (ada di artikel Bagian 2).

Pada tanggal 1 April 2010, CV.SENYUM mulai menyewa bengkel untuk durasi 12 Bulan (setahun). Setelah 31 Desember 2010, lama sewa adalah 9 bulan. Agar menjadi 1 tahun, masih tersisa 3 bulan di periode berikutnya. Biaya sewa selama setahun adalah Rp. 8.000.000. Jadi, 3 bulan sisanya jika dirupiahkan adalah: Rp. 8.000.000 x 3 / 12 = Rp. 2.000.000.

Dan Rp. 2.000.000 juta inilah yang akan kita masuk-kan ke dalam account Biaya Sewa Dibayar di Muka dengan nomor account 130 (account dan nomornya dapat dilihat pada artikel Bagian 1).

Perlu diingat juga, cara peletakan label Debet dan Kredit. Account Biaya Sewa Dibayar Dimuka adalah account Aset dan ada di sisi kiri.

.

2. Pinjam Bank dengan bunga 20% selama setahun. Bunga yang harus dibayar mulai Mei 2010.

Coba dilihat kembali Jurnal Umum CV.SENYUM (ada di artikel Bagian 2).

Pada tanggal 1 Mei 2010, CV.SENYUM mulai meminjam uang di Bank BCA untuk durasi 12 Bulan (setahun) dengan bunga 20% setahun. Periode ini (Jan – Des 2010) hanya memanfaatkan 8 bulan saja, sisanya 4 bulan dimanfaatkan di periode berikutnya. Namun, pembayaran bunga, akan dilakukan di periode berikutnya (jan – Des 2011), sehingga periode sekarang (jan -des 2010) memiliki hutang bunga kepada periode berikutnya sebesar : Rp. 40.000.000 x 20% x 8 / 12 = Rp. 5.333.333.

Dan Rp. 5.333.333 juta inilah yang akan kita masuk-kan ke dalam account Biaya Bunga dengan nomor account 530 (account dan nomornya dapat dilihat pada artikel Bagian 1).

Perlu diingat juga, cara peletakan label Debet dan Kredit. Biaya bunga termasuk account Biaya.

.

3. Beli peralatan sebagai aset. Nilai peralatan ini akan menyusut.

Coba dilihat kembali Jurnal Umum CV.SENYUM (ada di artikel Bagian 2).

Pada tanggal 2 Mei 2010, CV.SENYUM membeli peralatan bengkel senilai Rp. 40.000.000. Semua peralatan memiliki umur sehingga suatu saat pasti akan rusak.

Kita perkirakan umur peralatan yang kita beli adalah 10 tahun. Kita gunakan metode linier untuk menentukan penurunan nilai aset maka setiap tahun akan ada penurunan nilai peralatan sebesar 10%. Sedangkan di periode ini, kita belum genap setahun menggunakan peralatan (baru 8 bulan).

Berarti, berapa besar penyusutannya?

Rp. 40.000.000 x 10% x 8 / 12 = Rp. 2.666.666.

Dan Rp. 2.666.666 juta inilah yang akan kita masuk-kan ke dalam account Biaya Penyusutan Peralatan dengan nomor account 520 (account dan nomornya dapat dilihat pada artikel Bagian 1). Perlu diingat juga, cara peletakan label Debet dan Kredit.

Disini, kita juga memiliki sebuah account aset : Akumulasi Penyusutan Peralatan. Account ini untuk mencatat penyusutan secara keseluruhan.

.

4. Belanja persediaan. Dan selama setahun, persediaan masih ada sisa.

Nah, kalo yang ini, kebetulan kita udah buat. Coba lihat dibuku besar pada account Persediaan. So, kita udah gak perlu buat.

.

Nah, Jurnal Penyesuaian udah selesai.. Total, kita udah bikin 3 jurnal penyesuaian. Hasil jurnal ini, akan kita update ke dalam Buku Besar.

.

Kok harus update Buku Besar lagi? Kapan Laporan Keuangannya?

Hmm.. Sayangnya belum.. Abis ini, di Artikel berikutnya, kita akan update Buku Besar setelah kita buat Jurnal Penyesuaian, setelah itu masih harus buat Jurnal Penutup.. So.. Tunggu artikel berikutnya yah…

.

See yaaaa…

======================

Serial “Cara Orang Awam Belajar Dasar Akuntasi” ini terdiri dari beberapa bagian yang membahas:

  1. Persiapan
  2. Jurnal Umum
  3. Buku Besar
  4. Neraca Saldo
  5. Jurnal Penyesuaian
  6. Update Buku Besar
  7. Laporan Laba Rugi
  8. Jurnal Penutup
  9. Update Buku Besar (lagi)
  10. Laporan Perubahan Modal
  11. Neraca

======================

About these ads

49 Responses to “Cara Orang Awam Belajar Dasar Akuntansi (Bagian 5)”


  1. 1 kaos iwan fals May 3, 2011 at 3:15 pm

    ditunggu artikel selanjutnya mas…

    • 2 Jacky June 16, 2011 at 1:03 pm

      Mas… berikut na sangat ditunggu lho…
      Info na sngt membantu gw yg bru mw bljr AK
      Tengkyu atas info akuntansi na….
      Dipercepat y klo ada materi berikut na….
      post ke email jacky.mj21@yahoo.com jga y…. Arigatou…

  2. 3 Ron May 24, 2011 at 3:09 am

    Saya tunggu laporan berikutnya mas..

  3. 4 nia July 6, 2011 at 6:46 am

    wah enak di pahami…. pake contoh lagi, lanjutannya pa biar ilmunya ga nanggung. hehehe

  4. 5 hani July 29, 2011 at 4:19 am

    kak mana nih artikel selanjutnya ?
    artikelnya bagus seru ringan masuk memori langsung nih

  5. 6 samodra August 8, 2011 at 2:38 am

    bagian ini saya mendadak pucet…

  6. 7 samodra August 8, 2011 at 2:39 am

    btw, laporan R/L nya dimana yah?

  7. 10 AppLe~ September 15, 2011 at 2:41 am

    Di tunggu kelanjutanya gan … kapan nih ???

  8. 11 dwi October 12, 2011 at 1:39 am

    assww.. slam kenaall

    sy pgn nanya ne kalo cara pembukuan buat perusahaan cv dagang tp untuk suatu proyek itu gmn yaah? jd transaksi tu d buat kalo ad proyek aja gt, sy bgung hrz mulai dr mn cara pembukuannya, mohon bantuannya
    trimakasih..

  9. 12 nungky December 16, 2011 at 12:29 pm

    mohon dikabari klo artikel selanjutnya udah tayang ya mas……makasih

  10. 13 audit-ti December 29, 2011 at 7:44 am

    keren…. mudah dipahami moga yg share bertambah ilmunya

  11. 14 septi January 15, 2012 at 3:18 am

    btw klo mw cari suku bunga gmn yach…?

  12. 15 diana February 17, 2012 at 10:16 am

    WAKSSS,, sampai bagian ke 5 ini, aku sedikit bingung en pusing..
    haiihhh..
    btw bagian 6 nya kog gak ada yaa ??

    huaaaaaaaaaaaaaa….

    (nangis bombay)

  13. 16 diana February 17, 2012 at 10:28 am

    bro.. ada bagian 6 nya ?

    hhuhuhu tergantung gantung nih jadi nya :p

  14. 17 Akim March 18, 2012 at 3:24 am

    makasih pelajaran berharga ini
    aku dah ikuti dari bagian 1 sampai bagian 5
    aku masih nunggu bagian 6 nya ni mas

  15. 18 Ida Ciboy March 18, 2012 at 1:56 pm

    lbh mudah dicerna.
    dtunggu sngat ya bagian brikut ny… :)

  16. 19 lela March 21, 2012 at 4:41 am

    selanjutnya mana ya kak?

  17. 20 zee zee March 25, 2012 at 7:17 am

    ditungguuuuu artikell selanjutnya,..kapannn yuachh

  18. 21 Pius April 3, 2012 at 4:49 am

    ayok dong mas di lanjutkan ke bagian 6..

  19. 22 theresia April 19, 2012 at 2:13 am

    mana ni kak artikel selanjutnya ???????? secepat nya ya kak.biar gk lupa lagi :)

  20. 23 Garenx Poenya June 11, 2012 at 3:38 pm

    Ini sangat membatu saya trimakasih yang belum tau apa2 dan sekarang bisa blajar juga..trimakasih..

  21. 24 Dukun Enzelicha June 19, 2012 at 9:28 am

    bagian ke3 langsung paham…
    bagian ke 6nya mana gan?

  22. 25 arief September 19, 2012 at 3:40 pm

    mana ne lanjutannya..?

  23. 26 rinaulfa September 23, 2012 at 10:24 am

    iyaaa mana nih LK nya :(

  24. 27 bertsy sulastri October 4, 2012 at 12:22 am

    thanks banget buatpenulis , akhirnya setelah sekian lama baru kali ini bisa ngerti he he, jadi kedepannya optimis nih untuk belajar terus, soalnya sempet nyerah dan malas belajar lagi. ditunggu nih sambungannya.please…

  25. 28 Livia November 11, 2012 at 3:28 pm

    kak, laporannya mana ya?? tolong balas secepatnya trims :)

  26. 29 Arif December 2, 2012 at 2:45 pm

    sudah setahun lebih… mana ni yang selanjutnya?? :-)

  27. 31 Nancy Dian Kusuma February 27, 2013 at 5:19 am

    Wah… ini kalo sampek ndak selesai tahapan-tahapannya, bisa gw demo ellu mas…
    hayo jangan setengah-setengah….

  28. 32 syahroni March 6, 2013 at 10:51 am

    bagian 6 nya ditunggu nih

  29. 33 Akbar web March 27, 2013 at 3:20 am

    Makasih mas atas artikel nya
    Sangat bermamfaat saya jd sedikit ngerti tentang akutansi
    D tunggu mas artikel selanjut nya

  30. 34 cika April 4, 2013 at 2:51 am

    artikel selanjutnya donk!!

  31. 35 tsan April 23, 2013 at 10:36 pm

    lanjut lagi dunk kak, kku suka cara nerangin bikin paham dan gag ruwet :))

  32. 36 anisa April 30, 2013 at 8:49 am

    makasih bgt ilmunya & ditunggu banget juga lanjutannya sampe kelar,, terima kasih.

  33. 37 ranita May 7, 2013 at 3:34 am

    Wah terima kasih atas ilmunya mas… saya sangat terbantu buat bahan ajar saya…. Tak tunggu artikel selanjtnya za…..

  34. 38 juli June 13, 2013 at 7:27 am

    kok belum ada lanjutannya ya mas….ditunggu banget

  35. 39 Dhika June 24, 2013 at 4:05 pm

    Tks banget, gw jadi mengerti akutansi sekarang, Horeeee,
    Tks ya Gan….

  36. 40 angella81 July 9, 2013 at 8:07 am

    terusannya mana ???? ayo donk di lanjutkan

  37. 41 omdo September 27, 2013 at 2:47 pm

    mas bro saya tunggu pelajaran berikutnya….

  38. 42 meme October 8, 2013 at 2:06 am

    mana nih lanjutannya… kok nanggung… aku blajarnya blom tuntas

  39. 43 ian October 30, 2013 at 10:02 am

    update lagi dong mas :(

  40. 44 rosiana November 22, 2013 at 6:01 am

    artikel selanjutnya kapan ni..

  41. 45 zul fadhli siagian December 1, 2013 at 2:54 pm

    Mas arikel nya sangat ditunggu looo,.,.

  42. 46 Ruminta December 5, 2013 at 2:28 am

    Laporan keuangannya saya tunggu mas,,,hehe,,,,sblmnya trimaksih artikelnya sangat membantu saya,,,,

  43. 47 rinna December 15, 2013 at 5:52 am

    artikelnya sangat membantu .. terimakasihh :)
    di tunggu artikel selanjutnya .. kalau bisa banyakin jg postingan tentang perusahaan dagangnya ..

  44. 48 bertho January 15, 2014 at 8:34 am

    bosss….thks bgt.
    jangan lupa laporan keuangannya boss. hehe
    wahh aku senang bgt ikuti artikelnya.

  45. 49 winna wiyantoro February 26, 2014 at 5:41 pm

    Like it’s


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Ingin belajar VBA / Macro Excel mulai dari NOL?

Dapatkan Kitab VBA Excel - Level Satu Kitab VBA Excel - Level Satu Didesain untuk pemula yang ingin menguasai VBA / Macro Excel dari NOL dan disusun dengan bahasa yang sederhana dan mudah ditelaah untuk orang awam.
INFO LEBIH LENGKAP DI SINI..
LIHAT PREVIEW DI SINI..
SMS : 0878 0878 2141

Statistik Blog

  • 141,870 hits

Follow me on Twitter


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 966 other followers

%d bloggers like this: