Cara Orang Awam Belajar Dasar Akuntansi (Bagian 1)

Halooooooooo…

Wah, lama banget gak ketemu..

Mohon maaf ya.. Pasti kangen kan kekeke..

Kali ini, gw mau sharing tentang sesuatu yang, gw susaaaah banget buat memahami. Padahal, cuma pengen sekedar tahu, tapi kok gak ngerti-ngerti juga. Hingga akhirnya, ada secercah cahaya (halah) yang membuat gw sedikit ngerti, tentang hal paling dasar dari AKUNTANSI.

Nah, biar yang sedikit tadi gak langsung menguap, buru-buru deh gw tulis disini.

Tolong dicatat yah!

Gw bukan orang yang tahu banyak tentang Akuntansi, dan bukan pula orang yang pernah sekolah akuntansi. Makanya judulnya gw buat: Cara Orang Awam Belajar Dasar Akuntansi.

Jadi, kalo ada yang salah, jangan dihina-dina, dimaki-maki dan diumpat-umpat. Masa gw harus gantung diri dibawah pohon toge, cuma gara-gara salah nulis?

======================

Serial “Cara Orang Awam Belajar Dasar Akuntasi” ini terdiri dari beberapa bagian yang membahas:

  1. Persiapan
  2. Jurnal Umum
  3. Buku Besar
  4. Neraca Saldo
  5. Jurnal Penyesuaian
  6. Update Buku Besar
  7. Laporan Laba Rugi
  8. Jurnal Penutup
  9. Update Buku Besar (lagi)
  10. Laporan Perubahan Modal
  11. Neraca

======================

.

Oke, kita mulai aja belajarnya ya. Kita mulai bagian 1 yaitu “Persiapan”.

Persiapan pertama:

Menurut gw, cara paling gampang belajar akuntansi itu pake contoh dan praktek. Karena, gw udah coba baca buku yang tebal minta ampun sekalipun, gw tetap aja kagak ngerti (bisa juga karena otak gw yg emang lelet sih hehe). Dan contoh yang paling gampang itu, adalah akuntansi untuk sebuah usaha kecil aja. Gimana? Setuju kan?

Dan biar kita sehati, dan gelombang otak kita sinkron serta mempermudah telepati kita, sebaiknya kita tentukan nama contoh usaha kita. Hmm.. Kita kasih nama aja.. CV. SENYUM! Dan bidang usaha kita adalah Reparasi Televisi. Deal??? Pokoknya harus setuju..

.

Persiapan Kedua:

Mau gak mau, kita mesti belajar rumus!

Tenang, rumusnya sederhana banget kok. Gak perlu kalkulus atau statistik. Rumusnya adalah:

Aset = Hutang + Modal

Nah.. gampang kan?

.

Apa itu Aset (Asset)?

Aset itu.. Gampangnya kekayaan yang dimiliki oleh usaha kita. Mau berupa duit dilaci, duit dilemari besi, tabungan, surat berharga, tanah, rumah dan lain sebagainya, pokoknya kekayaan yang memang dikelola oleh usaha kita.

Apakah kekayaan itu dari Hutang atau modal, itu gak masalah.

Lucu juga ya.. Gimana kalo ada perusahaan aset-nya 100juta tapi punya utang 200juta? Hebat banget tuh yang punya usaha. Punya bakat jadi koruptor.

.

Apa itu Hutang (Liabilities)?

Ah, gak usah njelimet pake teori2-an. Pokoknya, Hutang itu sesuatu yang harus kita bayar nantinya. Dah.. Masa hutang gak ngerti. Padahal sering ngutang diwarteg sebelah.

.

Apa itu Modal (Equity)?

Modal itu setoran dari pemilik. Dah gitu aja. Mau pemiliknya 1 orang, 10 orang, 100 orang gak masalah.

.

Udah, gak usah dipusingin pengertian-pengertian di atas. Yang perlu diingat dari rumus dasar akuntansi adalah:

1. Kita anggap aja, “=” ( sama-dengan ) sebagai pembatas sisi kiri dan sisi kanan. Jadi, sisi kiri adalah Aset dan sisi kanan adalah penjumlahan Hutang dan Modal. Dan yang perlu diingat: Total sisi kiri dan total sisi kanan, harus sama! Ya iyalah.. Kan tanda-nya “sama-dengan”. Ya harus sama donk..

2. Kalo transaksi kita membuat sisi kiri bertambah, maka kita harus memberi label Debet. Sedangkan kalo membuat berkurang, maka kita beri label Kredit.

3. Kalo transaksi kita  membuat sisi kanan bertambah, maka harus memberi label transaksi kita dengan Kredit. Sedangkan kalo berkurang, maka kita beri label Debet.

.

Gimana? Gak susah kan? Udah gak usah dibikin bingung.. Pokoknya, cara ngingetnya adalah:  Kiri = Kanan. Trus: Kiri = debet. Dan: Kanan = Kredit.

.

Persiapan ketiga:

Sekarang waktunya kita buat kesepakatan. Tapi sebelum itu, kita ngayal sebentar.

Bayangin kita punya 3 amplop besar. Masing-masing amplop, kita beri nama Kantong Makan, Kantong Transport dan Kantong Tabungan.

Dan tiba-tiba kita dapat uang 900 ribu rupiah kontan (terserah mo dibayangin dapat dari mana). Selanjutnya, uang tersebut kita bagi 3 dan kita masukkan ke masing-masing kantong sehingga masing-masing berisi 300 ribu.

Suatu ketika, Kantong Makan sudah habis sedangkan kita sangat lapar. Sedangkan di Kantong Tabungan masih lengkap 300 ribu. Karena kita harus makan, maka kita meminjam uang dari Kantong Tabungan 100 ribu.

Dan supaya kita tidak lupa, maka kita menulis di Kantong Tabungan: Diambil 100 ribu.

Disaat yang sama, kita menulis di Kantong Makan: Ditambah 100 ribu.

Dan begitu seterusnya. Setiap kita memindahkan uang dari satu kantong ke kantong lainnya, maka kita harus mencatat di kedua kantong tersebut.

Nah, begitu juga akuntansi.

Kita harus mencatat keuangan kita, sesuai kelompok peruntukannya. Dan saat kita hendak memindahkan peruntukan uang dari satu kelompok ke kelompok yang lain, maka kita harus mencatatnya di kedua kelompok peruntukan tersebut.

Dan kelompok-kelompok peruntukan itu kita sebut Perkiraan (Account). Jangan tanya kenapa namanya begitu. Gw juga gak tau siapa yang ngasih nama..

Selain nama, biar lebih gampang, Account tadi juga kita kasih nomor.

Nah.. Disinilah kesepakatan kita. Pokoknya, semua harus ikut kesepakatan ini.

.

Untuk Nama dan Nomor Account CV.SENYUM adalah:

Sisi kiri (Aset), akan memiliki Account:

100 – Kas
110 – Piutang
120 – Persediaan suku cadang
130 – Biaya sewa dibayar dimuka
140 – Peralatan
150 – Akumulasi Penyusutan Peralatan
160 – Tanah
170 – Aset Lain-lain

Sedangkan sisi kanan (Hutang dan Modal), akan memiliki account:

H U T A N G
200 – Hutang usaha
210 – Hutang bunga
220 – Hutang bank

M O D A L
300 – Modal Sendiri
301 – Prive

PENDAPATAN
400 – Pendapatan jasa

BIAYA
500 – Biaya perbaikan televisi
510 – Biaya sewa
520 – Biaya penyusutan peralatan
530 – Biaya bunga

.

Loh..!!! Kok ada tambahan PENDAPATAN dan BIAYA? Dirumus sebelumnya kan cuma Aset, Hutang dan Modal???

Tenang.. Memang ada tambahan PENDAPATAN dan BIAYA. Tapi sebenernya, dua ini cuma Account sementara dan sebenarnya bagian dari MODAL.

Anggap aja seperti kantong celana lah. Tempatnya duit itu kan di-brangkas atau laci rumah. Nah, karena kita mau jalan-jalan naik bis, maka untuk sementara, duit modal jalan-jalan, kita simpan di kantong celana. Nanti, kalo sudah sampai rumah, duit sisanya (kalo ada sisa ya), kita balikin lagi ke brangkas/laci.

Nah, brangkas/laci tadi itu anggap aja Account MODAL. Sedangkan  kantong celana itu, PENDAPATAN dan BIAYA.

Oke??? Gimana? Clear kan persiapan ketiga kita.. Mesti di-inget-inget neh.. Jangan lupa..

.

Ntar dulu. Prive itu apaan?

Oh.. itu account yang nunjukin berapa jumlah modal yang ditarik oleh pemilik.

Tahap persiapan belajar sudah selesai! Begitu pula artikel bagian 1, juga selesai.

Berikutnya, CV. SENYUM kita, akan melakukan beberapa transaksi. Nah, di bagian 2, kita akan belajar memasukkan Transaksi-transaksi CV. SENYUM ke sebuah buku catatan yang disebut Jurnal.

Oke.. Kalo sudah lulus bagian 1, silahkan meluncur ke Bagian 2.

See ya…

:)

======================

Serial “Cara Orang Awam Belajar Dasar Akuntasi” ini terdiri dari beberapa bagian yang membahas:

  1. Persiapan
  2. Jurnal Umum
  3. Buku Besar
  4. Neraca Saldo
  5. Jurnal Penyesuaian
  6. Update Buku Besar
  7. Laporan Laba Rugi
  8. Jurnal Penutup
  9. Update Buku Besar (lagi)
  10. Laporan Perubahan Modal
  11. Neraca

======================

49 Responses to “Cara Orang Awam Belajar Dasar Akuntansi (Bagian 1)”


  1. 1 -nanang- February 27, 2011 at 7:34 am

    Ditunggu kelanjutannya.. :)

  2. 3 bike4everything February 28, 2011 at 9:06 am

    Bagus… bagus…. mulai ada pencerahan nih…
    gw dari dulu udah minder aj dengar pelajaran satu ini. padahal penting lho..

    Karena pelajaran satu ini gw pernah di tampol sama tuh guru… jadi kayaknya gw kena kutuk… jadi gak mudeng2….

    Hahahahahaaa… anyway good sharing nih… semoga kutukan gw ilang.

    Salam SSO

  3. 4 TUWARNOSALAM April 18, 2011 at 3:33 pm

    Alhamdulillah artikel ini sangat bagus sekali saya sarankan terus menulis dengan gay bahasa sepeti ini biar masyarakat kita pada pinter ….terus berjuang mas…..

    Tapi saya mau minta tolong dibuatin neraca /laporan keuangan
    Gini mas ceritanya … saya usaha dibidang perdagangan , kemudian saya setiap bulan bayar pajak ,, giliran bulan april ini mau bayar pajak tahunan ,,, sya diminta kantor pajak menertakan neraca keuangan buingunggg saya mass piye mbuate wong saya nertinya dodolan karo kulakan mas…..

    bisa minta bantu mas drafnya dan bentuknya neraca yg saya maksud ….matur nuwun mas….

  4. 5 kaos iwan fals May 3, 2011 at 2:56 pm

    tfs kawan….
    1,2,3 siap dibaca…

  5. 6 samodra August 8, 2011 at 1:44 am

    siipp…sangat2 lugas dan sederhana bahasanya. mudah dimengerti. Sejak dulu kalo denger kata akuntansi dah mendadak pucet duluan..
    saya ikuti bahasan2 selanjutnya \m/

  6. 7 M. Zaenudin Mansyur October 22, 2011 at 10:16 am

    Terus untuk Laporan keuangannya mana? Laporan Laba Rugi, Perubahan Modal dan Neraca, sekalian dilengkapi dong??? biar tambah jelas…Maksih banget lho ini bener2 sangat membantu saya. Thanks

  7. 8 sahadroid December 1, 2011 at 12:54 pm

    ruaarrrrrrrrrrrrrrrrrrrr biasaaaaa……. tengkiu broooooo…..

  8. 9 rizki December 4, 2011 at 8:10 am

    gan artikelnya boleh di copas g??? tar saya link back ke sini ???

  9. 10 rizki December 4, 2011 at 8:12 am

    tp bener2 salud sama agan yang udah mau bagi2 ilmu dengan bahasa yang mudah d mngerti … :D

  10. 11 Yolly December 16, 2011 at 7:43 am

    Waaah,,,,
    Kereen bgt!
    bahasanya gak njlimet,,,

  11. 12 idanz... January 2, 2012 at 1:12 am

    siip….
    mudah di mengerti…..
    thanks gan….

  12. 13 diana February 17, 2012 at 4:44 am

    Aku mulai membantu usaha keluarga, dan disuruh buat accounting dasar,
    padahal apa arti aktiva pasiva pun aku sudah lupa sama sekali.
    dan ilmu ilmu akuntansi di sekolah dulu itu gak pernah tembus nilai 5.
    dapat nilai 4,5 udah sukur.

    hahahahaha aku google segala hal mengenai akuntansi di google,
    dan baru ini aku temukan pengajaran amat sangat dasar dan dengan step step nya dengan detail sekali.

    cocok sekali untuk orang awam dan yg gak pernah lulus akuntansi ini..
    kekekekeke
    terimakasih yaaaaaaa ^^

  13. 14 Akim March 18, 2012 at 3:26 am

    Terimakasih ini sangat bermanfaat

  14. 15 jeremy auvray April 26, 2012 at 9:04 am

    mantap mas pencerahannya mohon di bantu saya sedang belajar otodidak akuntansi hehe

  15. 16 jenor May 3, 2012 at 3:02 am

    sulit juga…????

  16. 17 ianhade May 9, 2012 at 9:12 am

    busett……slama ini sy gak ngerti sm skali akuntasi, stelah baca ini jd paham…..lanjutkan mas

  17. 18 arif May 28, 2012 at 4:23 pm

    trims banyak..sangat membantu..dulu pelajaran akuntansi harus aq tinggal ke kantin..hehehe..

  18. 19 pengguna_matic June 21, 2012 at 4:04 pm

    saya yg kuliah akuntansi ajaa masih bingung..
    hehe

    belajar lagi ahhh.. :-D

  19. 20 Michael July 13, 2012 at 6:21 am

    nice… :) keren ka.. gampang dimengerti

  20. 21 eni September 6, 2012 at 4:24 am

    hemmmm… pusiing dehh blajar akuntansi..

  21. 22 Tabyta Tri Yuliati September 26, 2012 at 3:48 am

    mantab……
    bahasa sederhana membuat kita jadi ngerti dan pengaplikasian contohnya dalam kehidupan sehari-hari mbuat kita jadi ngga bingung dan ngerti sama yang dimaksud …….

    more thumbs dah :p

  22. 23 dodi harjanto October 23, 2012 at 5:03 pm

    w sukaa banget sama gaya pembelajaran lo boz … mudah dicerna kata”nya boz …

  23. 24 ronny October 25, 2012 at 8:37 am

    siii mantab bg jd lebih ngerti nih.:)

    meluncur ke bagian ke dua:)

  24. 25 lutfi November 8, 2012 at 4:42 pm

    thanks gan, artikelnya sangat membantu saya belajar..jadi ngerti q mas…okwowkwok..

    matur suwon yyoo..!

  25. 26 ime November 18, 2012 at 1:53 pm

    pelajaran ini yg pling menakutkan waktu msih skul sampai saat ini,,gaq mudeng2,,,v sdikit pencerahan ri mas ganteng,,,bhasax lugas dn mudah d mengerti,,thanks yooo

  26. 27 Surya January 12, 2013 at 2:35 am

    MAntap gan, good and cute article. I like it and Thank you for good heart hehehehe

  27. 28 Accounting Solution Center January 30, 2013 at 8:09 am

    Terima kasih ya buat artikel nya, ini sangat menambah wawasan saya tentang akuntansi
    jika ada yang butuh software akuntansi silahkan ke web ini yaa
    http://www.software-accurate.com

    thx,,,

  28. 29 Taufik March 10, 2013 at 10:29 am

    Wah iya bener, belajar lgi ah.. gw jg kena kutukan gara2 kabur sekelas waktu pelajaran akuntansi.. Dulu IPS dan IPA cuma di kelas 3 SMA adanya..
    jadi ga pernah ngerti wlwpun anak IPA.

  29. 30 lidya April 25, 2013 at 2:01 pm

    gmana nhee,,,qhu loem pintar akuntansi?law gru nnyk qhu tntg soal qhu tkt,al nya gak tau…

  30. 32 Zefry May 30, 2013 at 2:20 am

    Tips yang bagus dan sangat simple, bakat jd penulis nih kyaknya heheheehe.. keep up your good work dude. :jempol:

  31. 33 lesprivat pep June 13, 2013 at 9:33 am

    makasih gan sudah berbagi

  32. 34 Dhika June 20, 2013 at 5:32 pm

    Good…. seneng banget bisa dapat pengertian akutansi dgn logika yg sederhana. Lanjutkan Gan….. Semoga amal baikmu dibalas ama Tuhan.

  33. 35 febriansya July 7, 2013 at 1:38 pm

    saya sangat berterimah kasih karna sangat membantu bagi saya

  34. 36 gendofedro17111990 July 12, 2013 at 1:58 am

    Mntap ualsannya, mudah di pahami. Jadi sehati,otaknya nyingkron, telepatinya sampai. hehehehe

  35. 37 kecil July 29, 2013 at 11:03 am

    Mau tny…. Kok biaya sewa masuk aset ya? Kan toko yg disewa g jd hak milik…?

  36. 38 kecil July 29, 2013 at 11:27 am

    Lg ya… Klw kita bl brg 500.000
    Dijual 600.000
    Pncttan keuntungan itu bgmn?
    Tq

  37. 39 Ta September 12, 2013 at 4:06 am

    bahasanya mudah dimengerti, keren..

  38. 40 Rahmad October 15, 2013 at 8:59 am

    Saya sangat terbantu sekali dengan posting anda ini.
    saya sekarang kelas XII SMK jurusan Akuntansi.saat saya kelas X,saya sangat pusing dengan pelajaran ini,saya hampir tidak mengerti sama sekali apa yang dijelaskan oleh guru produktif saya :D.Saat kelas XI,selama 2 Smester tidak pernah membahas materi ini.Sekarang saya sudah kelas XII,tinggal menghitung bulan menuju Ujian Nasional.Namun saya masih kurang yakin dengan kemampuan saya,makanya saya membaca posting anda ini,dan ini sangat membantu,sepertinya posting bagian selajutnya akan terus membantu saya.

    terimakasih banyak.

  39. 41 anti November 7, 2013 at 7:47 am

    semgat bacanya ,artikelnya menarik………

  40. 42 cokdewisnu March 4, 2014 at 8:34 am

    Akuntansi emang gampang ! Dari jurnal sampek laporan keuangan nilai gue di atas 85 semua.

  41. 43 Bongeng March 6, 2014 at 2:38 pm

    Sumpah makasih banget gan, ngebantu ane banget, penjelasannya ga neko neko :)

  42. 44 firda May 31, 2014 at 1:23 am

    kalo buku akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan lanjutan 1 bagus pake buku karangan siapa ya? mohon bantuannya. thanks

  43. 45 Dewa Prasatria July 24, 2014 at 1:56 am

    Seru” nggx ngebosenin….
    LANJUTKAN .

  44. 46 ayu marisa September 10, 2014 at 10:52 am

    keren nih, ngebantuu
    thankyouu

  45. 47 Risnandar Arif September 16, 2014 at 2:23 am

    Bagus nih pak… kapan lanjutannya nih…

  46. 48 Muhammad Fawaaid September 25, 2014 at 2:17 am

    Artikel yang anda tulis sangat membantu Sob!! Jangan Lupa Ya Kunjungi Blog Ane!!

    http://aikawafaith.blogspot.com/

  47. 49 Fadhil Harith Naufal September 26, 2014 at 6:36 am

    Mantabs bos materinya, makasih byk


Leave a Reply

Ingin belajar VBA / Macro Excel mulai dari NOL?

Dapatkan Kitab VBA Excel - Level Satu Kitab VBA Excel - Level Satu Didesain untuk pemula yang ingin menguasai VBA / Macro Excel dari NOL dan disusun dengan bahasa yang sederhana dan mudah ditelaah untuk orang awam.
INFO LEBIH LENGKAP DI SINI..
LIHAT PREVIEW DI SINI..
SMS : 0878 0878 2141

Statistik Blog

  • 169,586 hits

Follow me on Twitter


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 969 other followers

